Venue Rakornas Aptikom 2017


Secara geografis, Kota Jayapura memiliki luas mencapai 940 km2, terletak di tepian Teluk Humbolt atau Yos Sudarso pada ketinggian bervariasi antara 0-700 m lebih dari permukaan laut. Kota ini terbagi dalam 5 (lima) Distrik yaitu Distrik Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram dan Muara Tami. Batas wilayah Kota Jayapura sebelah Utara berbatasan dengan Samudera Pasifik, sebelah Barat dengan Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura, sebelah Selatan dengan Distrik Skamto Kabupaten Keerom, dan sebelah Timur dengan Negara Papua New Guinea (PNG).

Kota Jayapura terletak berdekatan dengan garis katulistiwa sehingga termasuk dalam kategori iklim tropis dengan dua musim yaitu musim panas dan musim hujan. Kedua musim ini juga sering bergantian secara tidak teratur. Kondisi Kota Jayapura juga dipengaruhi oleh hutan Papua sehingga berpengaruh terhadap musim hujan. Rata-rata suhu udara 290C-31,80 C dengan kelembaban udara bervariasi antara 79%-81% di sekitar kota hingga pinggiran kota.

Sebagai ibu kota Provinsi Papua dengan segala pembangunan yang dilakukan, Kota Jayapura menjadi “magnet” bagi berbagai suku dari wilayah lain di Indonesia. Suku Jawa, Makassar, Bugis, Toraja, Manado, Batak, Ambon, Madura dan suku lainnya ikut menambah jumlah penduduk. Selain itu kota ini menjadi tujuan penduduk dari luar Kota Jayapura untuk mencari pekerjaan dan juga menimba ilmu di beberapa lembaga perguruan tinggi yang ada di kota ini.

Bila Anda berkunjung ke Papua, banyak objek wisata yang dapat dikunjungi antara lain Bukit Jayapura City, Danau Sentani, Tugu McArthur, Pantai Base-G, Pantai Hamadi, Pasar Souvenir Hamadi, Danau Love, Desa Skouw Perbatasan RI-PNG, dll. Mungkin anda pernah melihat Tarian Yospan. Tari yang merupakan kepanjangan dari Yosim Pancar ini adalah tarian pergaulan yang sering dibawakan muda-mudi sebagai bentuk persahabatan.


Makanan khas Papua, khususnya Jayapura yang sering dijumpai yaitu Papeda yang terbuat dari sagu khas papua dan dijadikan bubur dengan tekstur kenyal. Selain itu, hasil laut yang segar dan melimpah juga menjadi makanan pilihan warga dan pengunjung kota ini.

Selanjutnya ada Ikan bungkus khas papua ini dibuat dari dua bahan yaitu ikan laut dan daun talas sebagai bahan untuk membungkusnya. Bumbu khasnya rempah yang digunakan pun hanya garam untuk memberikan rasa asin dan untuk menghilangkan getah pada daun talas yang digunakan. Bahan dan bumbunya sedikit dan cara membuatnya pun sangat sederhana dan mudah. Dalam pembuatanya pertama bersihkan ikan kemudian dimasukkan kedalam daun talas dan ditutup. terakhir dibakar diatas api kecil hingga masak. Kalau sudah masak ya diangkat dan langsung disajikan saat hangat.

Ada juga ikan bakar manokwari yang merupakan makanan khas masyarakat manokwari, Papua. Ikan bakar ini biasanya menggunakan ikan tongkol. Kalau biasanya, Anda menemuki ikan bakar dengan bumbu kecap. Dalam penyajian makanan ini cukup berbeda dengan daerah lainya. Ikan bakar ini mempunyai rasa yang gurih ditambah dengan siraman sambal.


Hotel Horison Jayapura merupakan main venue Rakornas Aptikom 2017. Hotel ini dirancang untuk wisata dan bisnis, Hotel Horison Jayapura terletak strategis di Kota Jayapura. Hotel berbintang 3 ini dapat secara mudah diakses dari bandara yang berjarak 36 km. Dengan lokasinya yang strategis, hotel ini menawarkan akses ke berbagai destinasi yang wajib dilihat di kota ini. Hotel ini menyediakan Wi-Fi gratis di semua ruangan, layanan kamar dan front desk 24 jam, penyimpanan bagasi. Hotel ini menyediakan sejumlah fasilitas seperti spa, gym/fasilitas kebugaran, dan spa.

Hotel Horison Jayapura
Jl. Percetakan Negara II No. 2 Jayapura - Papua 99111
Telp: (0967) 522345; Fax: (0967) 522271
Website: Horison Hotel Jayapura

Lokasi Horison Hotel



Aston Jayapura Hotel & Convention Center merupakan tempat pelaksanaan The 2nd International Conference on Informatics and Computing (ICIC). Hotel ini berada strategis di pusat Kota Jayapura, ibukota provinsi sekaligus kota terbesar di Papua dan berada dekat dengan teluk Yos Sudarso. Berjarak 45 menit dari Bandara Sentani.

Hotel ini memiliki desain yang mencolok dan bangunan tertinggi di kota, serta menggabungkan pelayanan terbaik dan perhatian terhadap detail yang juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Pada lokasi yang sama tempat hotel berada, sering dipandang sebagai pintu gerbang untuk menjelajahi lokasi-lokasi terkenal seperti lembah Baliem atau taman nasional Lorentz. Lebih dari itu, Jayapura juga menawarkan banyak daya tarik bagi turis,dengan adanya pantai Hamadi, panta B-Base, monumen Jendral McArthur, danau Sentani, dan lain sebagainya.

Aston Jayapura Hotel & Convention Center menawarkan tempat dengan karakteristik yang berkelas dan modern, dipadu dengan pelayanan serta berbagai fasilitas, seperti 8 ruang pertemuan untuk kegiatan-kegiatan Anda, yang berkapasitas sampai dengan 500 orang.

Aston Jayapura Hotel & Convention Center
Jl. Percetakan Negara No 50 - 58 Jayapura 99111 - Papua
Telp: (0967) 537700
Website: Aston jayapura Hotel & Convention Center

Lokasi Aston Jayapura Hotel & Convention Center



Favehotel Jayapura merupakan tempat pelaksanaan Seminar Nasional APTIKOM (Semnastikom) 2017. Terletak di pusat kota Jayapura. Strategis untuk aktivitas bisnis hanya 60 menit berkendara dari Bandara Sentani & 10 menit dari pelabuhan di Jayapura. Akses mudah menuju Jayapura Mall, Kantor Pemerintahan, Panti Base G, Pantai Hamadi, Pasar Oleh-oleh Hamadi & Perbukitan Jayapura City. Menawarkan 108 kamar yang Modern dan Nyaman, Cartenz Ballroom, 7 ruang pertemuan, Lime Resto & Upsta Executive Lounge.

Mengambil tema Kesenangan, Segar dan Ramah, Fave Hotel Jayapura, diresmikan sekretaris Provinsi Papua, Hery Dosinaen ini dirancang untuk menampung para pelancong dengan tujuan bisnis dan liburan. Lokasinya hanya 45 menit berkendara dari Bandara Internasional Sentani, Jayapura kemudian Fave Hotel bisa ditempuh yang berada di jantung kota Jayapura. Hotel yang identik dengan warna pink sangat menyambut untuk dilihat. "Sebagai hotel baru kami mengutamakan kualitas layanan. Jadi apa yang harus kami tawarkan sama ke hotel lainnya, tapi imbuhanya yang asyik, segar dan ramah," kata Manager Fave Hotel Jayapura, Johan meratap. Fave Hotel Jayapura menawarkan 108 kamar, terdiri dari 20 kamar standar, 37 kamar superior, 39 kamar deluxe, 7 kamar perdana, 2 kamar eksekutif dan 3 suite dengan nama kamar berkearifan lokal, harga kamar sangat bersahabat. Fave Hotel Jayapura juga memiliki tujuh ruang pertemuan dan sebuah ballroom berkapasitas 486 orang. Fave Hotel Jayapura adalah hotel pertama yang dibangun di Papua.

Favehotel Jayapura
Jl. Ahmad Yani. No. 12 Jayapura - Indonesia
Telp: +629675161888
Website: Favehotel Jayapura

Lokasi Fave Hotel Jayapura


Rakornas Aptikom 2017

Semnastikom 2017

ICIC 2017